- Proses komunikasi : (Mubarak, Wahid Iqbal, dkk, 2007)
1. Reference, stimulus yang memotifasi seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dapat berupa pengalaman, ide atau tindakan.
2. Pengirim/ sumber/ encorder, disebut juga komunikator. Bisa perorangan atau kelompok.
3. Pesan/ berita, informasi yang dikirimkan. Dapat berupa kata-kata, gerakan tubuh atau ekspresi wajah.
4. Media/ saluran, alat atau sarana yang dipilih pengirim untuk menyampaikan pesan pada penerima/ sasaran.
5. Penerimaan/ sasaran/ decoder, kepada siapa pesan yang ingin disampaikan tersebut dituju.
6. Umpan balik/ feed back/ respons, reaksi dari sasaran terhadap pesan yang disampaikan.
- Proses komunikasi terapeutik dalam perawatan.
1. Pengkajian (Purwanto, Heri, 1994)
- Menentukan kemampuan seseorang dalam proses informasi.
- Mengevaluasi data tentang status mental pasien untuk menentukan batas intervensi.
- Mengevaluasi kemampuan pasien dalam berkomunikasi secara verbal.
- Mengobservasi apa yang terjadi pada pasien tersebut saat ini.
- Mengidentifikasi tingkat perkembangan pasien sehingga interaksi yang diharapkan bisa realistik.
- Menentukan apakah pasien memperlihatkan sikap verbal dan nonverbal yang sesuai.
- Mengkaji tingkat kecemasan pasien sehingga dapat mengantisifasi intervensi yang dibutuhkan.
2. Diagnosa keperawatan (Potter & Perry, 1999)
- Analisa tertulis dari penemuan pengkajian.
- Sesi perencanaan tim kesehatan.
- Diskusi dengan klien dan keluarga untuk menentukan metoda implementasi.
- Membuat rujukan.
3. Rencana tujuan (Purwanto, Heri,1994)
- Rencana asuhan tertulis (Potter & Perry, 1999).
- Membantu pasien untuk memenuhi kebutuhan sendiri.
- Membantu pasien agar dapat menerima pengalaman yang pernah dirasakan.
- Meningkatkan harga diri pasien.
- Memberikan support karena adanya perubahan lingkungan.
- Perawat dan pasien sepakat untuk berkomunikasi secara lebih terbuka.
4. Implementasi (Purwanto, Heri, 1994)
- Memperkenalkan diri kepada pasien.
- Memulai interaksi dangan pasien.
- Membantu pasien untuk dapat menggambarkan pengalaman pribadinya.
- Menganjurkan kepada pasien untuk dapat mengungkapkan perasaan kebutuhannya.
- Menggunakan komunikasi untuk meningkatkan harga diri pasien.
5. Evaluasi (Purwanto, Heri, 1994)
- Pasien dapat mengembangkan kemampuan dalam mengkaji dan memenuhi kebutuhan sendiri.
- Komunikasi menjadi lebih jelas, lebih terbuka dan berfokus pada masalah.
- Membantu menciptakan lingkungan yang dapat mengurangi tingkat kecemasan.
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar